game mod dan game cheat

Brandonsgames – Istilah mod dan cheat mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para gamer dan orang biasa yang berkecimpung di dalamnya. Ya, dua istilah ini memang hampir mirip sih, meski sebenarnya memiliki arti yang sama sekali berbeda. Mereka sedikit banyak ada benarnya, setidaknya tujuan mod dan cheat lumayan mirip, yaitu mengubah struktur dan program dalam game untuk tujuan tertentu.

Nah, salah satu tujuan tersebut adalah membuat perubahan dalam game sehingga game tersebut lebih mudah diselesaikan. Tentu Anda paham, bahwa sebuah game butuh beberapa lama sebelum bisa diselesaikan/dikuasai. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan game mod dan cheat, maka bisa disimak ulasannya di bawah ini.

Game Mod

Pengertian Game Mod

Game mod atau game modification adalah game yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga file game tersebut akan berbeda dengan file aslinya. Orang yang bertanggung jawab atas hal ini adalah modder, dan mereka bukan sembarang orang. Setidaknya mereka harus memahami pemograman game sehingga bisa merubah konteks asli dalam game tersebut.

Sebagai contoh adalah game PC PES atau Pro Evolution Soccer yang berubah dari musim ke musim. Maksud dari perubahan ini adalah pindahnya beberapa pemain ke klub lain akibat transfer windows yang terjadi dua kali dalam semusim. Nah, dengan game PES yang sudah di-pacth atau dimodifikasi, Anda bisa bermain PES versi lama dengan update pemain versi baru.

Tujuan Game Mod

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, modifikasi yang dilakukan pada game memang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Misalnya saja untuk membuat game lebih mudah dimainkan dan diselesaikan. Maksudnya, ada beberapa komponen dalam game yang bisa dimodifikasi, seperti mata uang atau currency dalam game tersebut.

Dengan currency atau mata uang dalam game yang bisa diubah menjadi banyak atau unlimited, maka akan memudahkan Anda dalam memainkan game tersebut. Misalnya saja untuk upgrade item, membuka map, membei character dan masih banyak lagi. Selain itu game mod juga bisa membuat game/aplikasi premium (berbayar) bisa menjadi gratis.

Dampak Game Mod

Jika Anda memaksakan diri menggunakan game yang sudah dimodifikasi, maka risiko terbesar adalah akun dan perangkat yang digunakan akan di-bannded. Menggunakan game modifikasi akan lebih aman jika game tersebut bisa dimainkan secara offline dan bukan online.

Game Cheat

Pengertian Game Cheat

Cheat adalah kata Bahasa Inggris yang artinya curang atau mencurangi. Jadi cheat dalam game adalah perbuatan curang yang bertujuan untuk membuat game tersebut diselesaikan dan dimenangkan dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah meng-upgrade skill Anda karena ada cara instan untuk memenangkan game tersebut yaitu dengan cheat.

Lalu bagaimana cara kerja cheat? Jika dalam mod seorang modder langsung mengubah komponen game langsung dari file aslinya, maka cheat biasanya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja Game Hacker, Game Guardian dan masih banyak lagi.

Tujuan Game Cheat

Tujuan cheat tidak lain hanya untuk membuat game bisa diselesaikan dan dimenangkan dengan mudah. Ada beberapa developer game yang memang sengaja membuat cheat tersebut. Yang paling populer adalah adalah game GTA: San Andreas.

Dampak dari Game Cheat

Banyak sekali dampak yang akan Anda terima jika hal ini dilakukan ketika bermain game, misalnya saja akun Anda akan diblokir secara permanen. Ada lagi yang lebih buruk, yaitu perangkat Anda juga akan di-banned. Jadi jika sudah paham risiko ini, maka hendaknya berpikir lagi ketika ingin melakukannya.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan game mod dan cheat yang harus Anda tahu. Jadi meski tujuannya sama, cara kerjanya sama sekali berbeda. Nah, dengan mengetahui fakta di atas, semoga Anda bisa bersikap bijak jika ingin menggunakan game mod atau cheat.

Perbedaan Mendasar Game Mod dan Game Cheat