tips mengatasi kecanduan gadget pada anak

Brandonsgames – Gadget saat ini merupakan barang yang amat penting fungsinya dan sulit dipisahkan dari hampir semua aktivitas kehidupan. Bahkan anak-anak yang masih balita telah mengenal teknologi ini. Umumnya, mereka yang masih usia dini ini sebenarnya tidak mengetahui manfaat penggunaan gadget. Namun, orang tua yang terlalu sibuk atau kurang pemahaman dampaknya kecanduan gadget sehingga membiarkan anak mereka memainkannya.

Secara psikologis, anak-anak yang masih di bawah umur dan telah mengenal gadget ini memiliki tingkat emosional yang buruk. Selain itu, tingkat sosialisasi mereka juga menurun karena kurangnya berbaur dengan anak seusia mereka. Hal ini karena terlalu banyak bermain dengan gadget yang akhirnya membuat mereka kecanduan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah kecanduan gadget dengan games indoor.

Tips Agar Tidak Kecanduan Gadget

Untuk mengalihkan anak-anak kecanduan gadget, Anda dapat mengajaknya berinteraksi atau mengajaknya membuat dan bermain games indoor. Permainan ini dapat Anda gabungkan dengan mengajak anak seusianya sehingga mereka juga dapat berinteraksi dan bersosialisasi.

1. Bowling Indoor

Bowling umumnya dilakukan di arena khusus, namun Anda dapat membuatnya sendiri bersama anak. Manfaatkan mainan yang ada di rumah dan ajak anak menyiapkan permainan tersebut agar mereka lebih tertarik. Catat juga poin saat bermain bersama anak agar mereka dapat lebih semangat saat bermain. Cara ini bisa membuat mereka teralihkan dari gadget.

2. Puzzle

Permainan puzzle merupakan salah satu permainan yang telah banyak dimainkan di kalangan anak-anak. Bahkan permainan ini juga banyak dibuat dalam bentuk digital. Untuk mengalihkan perhatian mereka di gadget, Anda dapat mengajak bermain permainan ini bersama-sama dengan cara kompetisi. Siapa yang paling cepat menyusunnya akan mendapatkan hadiah sehingga mereka dapat lebih semangat.

3. Kuis Bersama

Permainan kuis bersama keluarga tentu akan lebih menyenangkan. Apalagi jika mendapatkan hadiah untuk pemenangnya. Atur sebuah kuis dimana anak melawan ayah atau kakak dan adiknya. Pilihlah pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Anda dapat menanyakan berbagai hal tentang hobi, nama teman, ataupun kartun favoritnya. Manfaatkan mainan mereka untuk membuat bunyi-bunyian.

4. Ular Tangga

Permainan yang satu ini pasti tidak asing untuk mereka. Permainan yang dapat dimainkan 2-4 orang ini akan terasa lebih menyenangkan jika ayah, ibu kakak atau adik ikut bermain. Ular tangga juga membantu anak-anak dalam menentukan strategi permainan. Selain itu, ini juga dapat melatih mereka untuk lapang dada ketika harus turun ke angka kecil karena termakan ular.

5. Monopoli

Permainan monopoli hampir mirip dengan permainan ular tangga. Pada permainan ini, anak-anak dapat dikenalkan nama-nama kota di Indonesia atau negara di dunia. Selain itu, permainan yang memberikan hukuman ke pemain lain ini dapat Anda dimanfaatkan sambil belajar. Tulislah hukuman-hukuman yang bisa mendidik mereka dan meningkatkan pengetahuan mereka sehingga permainan akan menjadi lebih menarik.

6. Catur

Catur merupakan permainan yang masuk kedalam cabang olahraga. Anak-anak yang dilatih catur sedini mungkin akan membuat mereka mampu membuat strategi dan memecahkan masalah. Jika Anda seorang yang mahir memainkan catur, ajaklah anak-anak untuk bermain bersama dan ajari mereka untuk menekuninya. Siapa tahu mereka dapat mengikuti kompetisi karena hobi catur ini.

Selain permaianan di atas, masih banyak games indoor yang dapat Anda mainkan seperti game manajer bola online di Android. Satu hal yang terpenting adalah ketika Anda mengajaknya bermain, jauhkanlah gadget dari pandangan mereka. Usahakan Anda berkonsentrasi dengan interaksi mereka dan juga tidak menggunakannya. Jika memang terpaksa, pakailah gadget dengan bijak. Berikan pengetahuan bahwa gadget merupakan alat komunikasi bukan untuk bermain.

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak dengan Games indoor